Penyakit Varikokel, Pembengkakan Buah Zakar Pada Penis Pria

penyakit varikokel

Penyakit varikokel, pembengkakan buah zakar pada penis pria– Alat kelamin menjadi salah satu bagian tubuh yang kondisinya termasuk rentan. Kalau kamu nggak menjaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik, maka akan mempengaruhi sistem reproduksi dan proses pengeluaran urin.

Nah, dari sekian banyak penyakit yang dapat menyerang kelamin seseorang, varikokel adalah salah satu penyakit langka yang menyerang penis pria. Dilansir dari halodoc, varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah vena pada bagian buah zakar.

Fungsi dari pembuluh vena adalah untuk mengembalikan aliran darah dari organ tertentu menuju jantung. Namun, ketika pria mengidap penyakit varikokel, maka di salah satu bagian buah zakar (biasanya di bagian kiri) akan mengalami pembengkakan dan menimbulkan benjolan.

Gejala dan Penyebab Varikokel

Selain buah zakar mengalami pembengkakan, gejala yang dialami pria saat terjangkit varikokel adalah ketika beraktivitas secara aktif (khususnya yang sering berdiri) merasakan nyeri dan efek tersebut baru hilang  saat berbaring atau sedang tidur.

Bahkan, jika varikokel nggak ditangani dengan cepat dan didiamkan begitu saja, pembuluh vena akan terlihat seperti seekor cacing yang terjebak di dalam buah zakar pria.

Penyebab penyakit varikokel pada pria adalah terjadinya disfungsi pembuluh vena. Seharunya, katup pada pembuluh vena (yang hanya mempunyai satu jalur) nggak mampu melakukan proses pembukaan dan penutupan dengan baik, sehingga sirkulasi darah yang seharunya kembali ke bagian jantung malah tertahan di bagian buah zakar, sehingga terjadilah pembengkakan yang menimbulkan rasa nyeri.

Efek Varikokel

Setiap penyakit tentunya memberikan efek tersendiri untuk tubuh, nggak terkecuali varikokel. Dilansir dari alodokter, efek dari penyakit varikokel adalah mempengaruhi produksi sperma dan menurunkan kualitas dan kuantitasnya. Parahnya, verikokel mampu mengubah ukuran testis sehingga menjadi menyusut dan hal tersebut akan mempengaruhi sistem reproduksi dan menjadikan pria nggak subur (mandul).

Bagaimana Cara Mengobati Varikokel?

Satu-satunya cara untuk menghilangkan penyakit varikokel pada pria adalah dengan tindakan operasi. Biasanya, proses pembedahan akan berfokus pada pembuluh darah vena dan mengikat bagian jalur yang mengalami pembengkakan. Gunanya adalah supaya aliran darah nggak merambat dan bisa menyebabkan penyumbatan di sisi buah zakar yang lain.

Setelah operasi, biasanya para pengidap varikokel akan diminta untuk beristirahat dan nggak melakukan aktivitas berat hingga dua minggu serta rutin melakukan pengecekan antara tiga hingga empat bulan.

Kalau kamu merasa buah zakar kamu mengalami rasa nyeri dan disertai dengan pembengkakan serta mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk cek ke dokter, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

2 × four =

Memelihara Stamina Pria
Distributor Resmi PT. REDMITRA PRIMA PERKASA

PEMBAYARAN YANG DITERIMA

AKUN RESMI MEDIA SOSIAL

Name - City
Membeli Product Time