Apa Ya yang Dirasakan Pria Saat Menjadi Seorang Ayah?

Apa ya yang dirasakan pria saat menjadi seorang ayah?– Menjadi orang tua adalah keinginan banyak orang ketika memutuskan untuk menikah. Kehadiran sang buah hati tentunya menciptakan keluarga kecil yang bahagia dan tentunya mengubah hidup banyak pasangan suami-istri seumur hidupnya.

Khususnya untuk pria, sebagai kepala keluarga, mempunyai anak berarti harus bertanggung jawab dalam menjamin kehidupan sang buah hati hingga akhirnya tumbuh dewasa dan memulai hidup baru bersama pasangannya kelak. Namun, apa ya yang sebenarnya pria rasakan saat pertama kali menjadi seorang ayah?

Dilansir dari theasiaparent, ternyata ada banyak perubahan yang dirasakan pria saat dirinya sudah resmi menjadi seorang ayah. Misalnya saja seperti adanya perubahan hormon yang menjadikan pria jauh lebih sensitif, pola pikir pria juga akan berbeda saat mendengar atau melihat anaknya sedang beraktivitas, dan tingkat kepercayaan diri semakin meningkat.

Selain itu, sumber dari wolipop menyatakan bahwa pemikiran pria juga lebih kompleks saat menjadi ayah. Di antaranya adalah:

1. Perasaan Takut

Rasa ketakutan menjadi seorang ayah tentunya dirasakan oleh pria. Terlebih lagi jika pria mempunyai trust issues terhadap ayah kandungan, sehingga muncul rasa khawatir “Apakah aku akan melakukan kesalahan yang sama seperti ayahku dulu? Apakah aku bisa menjadi contoh yang baik untuk anakku kelak?”

Sebenarnya hal tersebut sangat wajar terjadi karena pria membutuhkan adaptasi pada status barunya sebagai seorang ayah, sehingga ketakutan-ketakutan yang dirasakan tentunya akan datang bertubi-tubi saat mulai menjalankan perannya.

2. Belajar untuk Mencintai

Sebelum ada kehadiran sang buah hati, perhatian pria sepenuhnya hanya kepada sang istri. Namun, ketika menjadi ayah, pria akan berusaha untuk belajar bagaimana membagi rasa cintanya kepada istri dan anaknya.

3. Mengalami Depresi

Kalau misalnya wanita bisa mengalami baby blues setelah melahirkan, ternyata pria pun dapat mengalami hal yang serupa, bahkan cenderung untuk mengalami depresi. Kekhawatiran dalam menjalankan tugas baru, terlebih lagi saat baru pertama kali mempunyai anak, mulai dari membagi waktu dengan istri terkait mengganti popok, memberikan susu, atau sekedar menenangkan sang bayi ketika menangis di malam hari.

4. Bingung

Perasaan campur aduk yang dirasakan oleh pria menjadikan pemikirannya bingung dan nggak tahu harus melakukan apa. Makanya saat melihat istrinya melahirkan, pria pun juga bingung dalam mengekspresikan perasaannya. Misalnya saja seperti ada yang memangis, tertawa, bahkan ada yang diam saja, lho.

Itulah hal-hal yang dirasakan oleh pria ketika pertama kali menjalankan tugasnya sebagai seorang ayah. Kalau kamu sendiri gimana, nih? Ada pengalaman nggak terlupakan nggak saat menjadi seorang ayah? Share pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

14 − 2 =

Memelihara Stamina Pria
Distributor Resmi PT. REDMITRA PRIMA PERKASA

PEMBAYARAN YANG DITERIMA

AKUN RESMI MEDIA SOSIAL

Name - City
Membeli Product Time